Alternatif Microsoft Office Gratis dan Open Source

Pengguna yang baru saja migrasi ke Linux biasanya bingung program office suite yang dipakai nantinya. Mari kita bicara Alternatif Pengganti Microsoft Office Gratis Open Source di Windows dan GNU/Linux.

Alternatif Pengganti Microsoft Office

Libreoffice

LibreOffice adalah alternatif microsoft office open source yang tersedia untuk Linux, Windows, dan Mac. Program ini dapat diunduh secara gratis.

Bicara soal tampilan, Libre Office mirip seperti Microsoft Office 2003. Tetapi tetap mudah dipahami dan digunakan.

Office suite ini menawarkan kompabilitas tinggi untuk semua format dokumen Microsoft dan memiliki sebagian fitur yang akan Anda temukan di Word, PowerPoint, dan Excel.

LibreOffice hadir dengan enam program: Writer untuk dokumen, Calc untuk Spreadsheet, Impress untuk presenrasi, Draw untuk editor PDF, Math untuk rumus, dan Base untuk mengelola database.

Apache OpenOffice

Apache OpenOffice adalah pengganti microsoft office gratis dan open source, yang juga membawa program word, spreadsheet, presentasi, pengolah rumus, dan database.

Tersedia untuk Linux, Microsoft, dan Windows. Juga port untuk dijalankan di FreeBSD dan Solaris.

Bicara antarmuka, Apache OpenOffice sama seperti Libre Office ataupun NeoOffice. Jangan takut kesusahan karena tampilannya sederhana dan gampang dipakai.

Ini adalah penerus dari Open Office yang sudah lama berhenti sejak tahun 2010. Ada yang menyebutnya sebagai saudara dekat NeoOffice & LibreOffice karena kesamaannya.

OnlyOffice

https://1.bp.blogspot.com/-mpvsNv2-rhI/WrsaeT9zYeI/AAAAAAAABsc/8QsTYgWNy-MRywix1TmULNYkUQHRu-0egCLcBGAs/s1600/cara_install_onlyoffice_melalui_snap_ubuntu.png

ONLYOFFICE adalah salah satu program office open source yang mendukung format Microsoft Office. Jika anda mencari pengganti micorosoft Office, aplikasi ini wajib anda coba.

Dengan kemampuan mengelola dokumen yang baik, ONLYOFFICE memudahkan penggunaan dan tetap terorganisir dengan baik. Pengguna dapat berbagi dokumen dengan satu klik sederhana atau berkolaborasi secara online.

Sebagai alternatif Microsoft Office yang lengkap, ONLYOFFICE menyediakan tools manajemen email yang mudah digunakan yang dapat Anda gunakan untuk mengakses akun email.

Baca Juga : 50 Distro Linux Terbaik Untuk Pemula, Gaming, dan Paling Ringan 2021

NeoOffice

 

NeoOffice adalah alternatif microsoft office open source. Karena turunan LibreOffice dan OpenOffice, tidak heran jika tampilannya mirip.

Pihak NeoOffice menambahkan fitur – fitur, seperti native dark mode, native mac grammar checking, native mac text highlighting, support for mac services, dan native file locking ketika membuka file di iCloud Drive, Dropbox, atau lain – lainnya.

Dengan NeoOffice, Anda dapat melihat, mengedit, dan menyimpan dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Sama seperti basisnya, office ini mendukung format – format microsoft office.

Calligra

http://3.bp.blogspot.com/-Mlnaqdwa1iQ/VMwZez_WagI/AAAAAAAABgU/lHg7sIUqL98/s1600/2015-01-31-065308_1366x768_scrot.png

Calligra adalah program office yang dibuat oleh KDE. Program ini adalah fork dari KOffice yang sekarang sudah tidak dilanjutkan lagi dan dianggap sebagai penerus KOffice.

Calligra hadir dengan sembilan aplikasi, seperti Braindump, Flow, Karbon, Kexi, Krita, Plan, Stage, Sheets, dan Words.

Baca Juga : 9 Browser Ringan PC

Sayangnya, kompatibilitas Calligra lebih buruk daripada LibreOffice. Selain itu, Calligra mendukung format .doc dan .docx, tetapi hanya membuka saja.

Oleh karena itu, Calligra mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda harus berurusan Microsoft Office.

DONASI VIA SAWERIA Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain dan server, terima kasih!